SeLamat datangg...


welcome...Sugeng rawuh...verwelkomen..benvenuto...gratus...willkommen...hougei...bem-vindo...

Selasa, 02 Juni 2015

Recehan! Iya, uang receh!



Uang receh, menurutku ya tetep uang sih, yang bisa dipakai untuk transaksi. Bisa dipakai untuk menggenapi  juga. 1 juta, kurang seratus rupiah juga ngga jadi 1 juta kok! Recehan semua tapi 1 juta, ya tetep 1 juta kan? Terus, salah ya kalau kita ‘mbayar pake uang receh? Kalau 4 ribu recehan? Salah ya?! Ahh nggak juga ah!

Pagi itu hari Sabtu. Aku naik angkot seperti biasanya. Angkot cukup sepi karena kebanyakan kalau hari sabtu itu libur, nah waktu itu aku berangkat karena dapat jatah piket. Nah, setelah berhenti, aku mbayar dengan uang receh semua, itu recehan pas 4 ribu! Nggak seratusan semua sih, ada yang seribu, lima ratus, dua ratus dan seratus rupiah. Iya emang recehan, tapi itu uang semua! Dan, tau ngga sopirnya bilang apa? Sopirnya ‘ngelihat uang yang ada di tanganku, terus bilang, “Ngga usah mbak, bawa aja!” sambil jutek gitu. Jujur ya, aku masih agak bingung, shock, dan nggak enak. Masa’ aku ngga mbayar?? Aku masih di belakang sopir itu, mencoba mencari uang yang lain, tapi tinggal 100 ribu, pasti juga nggak mau kalau aku ngasih 100ribu. “Udah mbak, bawa aja!” kata sopirnya lagi masih dengan tampang jutek. “Eh, ya, makasih bang!” jawabku. 

Oke aku masih ngga tau, kenapa dia memilih nggak terima uang daripada nggak terima recehan?? Itu uang bang! Gaya banget sih! Recehan juga masih bernilai kali bang! Ishh! Terus aku jadi kepikiran, oke besok lagi aku mau bayar pake receh terus, biar nggak diterima terus, bisa kutabung deh! Hahahha*evil laugh* Tapi, terus kepikiran lagi, ntar kalau aku diapalin terus malah aku kenapa2 gimana? Ahh oke, nggak jadi deh! CKCKC!!
***
Sore itu aku pulang, biasa naik bis dengan harga 4000. Sekarang aku pake uang kertas (kalau ada). Nah sore itu aku mbayar pake uang kertas 2000, dan 1000, terus pake 2 uang receh 500. Kebetulan sore itu ada kernetnya. Jadi sebelum turun, abang kernet udah minta uang ke kami. Aku udah ngasih uang ku ke abang kernet dengan selamat. Terus abang kernet narik ke penumpang lain, dan ada uang receh jatuh tepat di bawah kakinya. Dan, abang itu cuma ngeihat doang, nggak diambil, terus ya udah gitu doang! Ihh…apakah sebegitu tidak bergunanya uang receh di kota ini?? CKCKCKC!!
***
Pagi itu seperti biasanya, aku berangkat jalan kaki. Aku dan temanku membeli bubur ayam di tepi jalan. Abangnya meracik bubur dengan segala isinya, dan aku di belakang abang itu. Ternyata di salah satu bahan racikannya itu ada uang koinnya, entah berapa nilainya. Terus, tau ngga?? Koin itu langsung di buang gitu aja sama abang itu!! Gile!! Gaya banget sih! CKCKCK!!!
Ckckc… oke, oke, oke, orang2 sini tu udah kaya raya, tapi uang, berapapun itu jangan dibuang lah! 100 juta kurang 500, juga belum 100 juta kok!

Tidak ada komentar: