SeLamat datangg...


welcome...Sugeng rawuh...verwelkomen..benvenuto...gratus...willkommen...hougei...bem-vindo...

Sabtu, 24 April 2021

Sisterhood



 sisterhood: kb. persaudaraan/perserikatan wanita. the bonds of s. ikatan persaudaraan wanita.

Itu adalah arti dari sisterhood menurut kbbi online. 

Menurutku, gampangnya adalah persaudaraan wanita, antara aku dan Mbak ku. 

Aku rasa, aku ngga akan pernah tau apa arti dari sisterhood sampai aku benar-benar mengalaminya. Dulu waktu Bulek Yayah (adik dari Ibuk) sakit agak parah dan harus dioperasi, Ibuk ku sangat amat sedih. Dan memaksakan diri harus menjenguk Bulek di Jambi. HARUS! Aku khawatir juga dengan keadaan Bulek, tapi khawatirku tidak seberapa dengan khawatirnya Ibuk. Aku yang saat itu masih lontang lantung ngga jelas langsung bilang ke Ibuk, "Aku temani Buk! Aku belikan tiket (tapi pakai uang Ibuk)!" Jelas dong motifku apa? Pengen jalan-jalan sampai Jambi dong ya! Heheehe....

Sampai sana? Aku langsung istirahat dong ya, apalagi aku malah diare karena salah beli jajanan saat transit di Batam. Ibuk? Ibuk langsung menemani dan ngobrol dengan Bulek,  lamaa banget, rasa2nya Ibuk ngga capek, perjalanan dari Minggir - Bandara Jogja - Batam - Jambi. 

*** 

Hari Senin setelah Paskah kemarin (4 April), Mba Nana WA aku, seperti biasa, tanya kabar dsb, lalu tanya waktu Deo panas dikasih apa. Aku jawab tentang kabar dan tentang Deo. Ku katakan Deo kubawa ke RS. Lalu aku mulai bertanya kabar Mba Nana. Kabar menyedihkan di hari Senin saat aku piket zoom, "Aku panas, nanti kami mau swab".  Degg....aku langsung ngga konsen dengan kerjaanku. 

Ngga lama kemudian, Mba Nana WA lagi, "Kami positif". Positif covid. 

Yaampun Tuhan! Jujur, itu berita yang amat sangat menyedihkan sekali! Mba Nana dan Mas Hadil pindah Banjarmasin sekitar 2 tahun ini, mereka tidak ada saudara, punya dua balita dan sekarang Mba Nana dan Mas Hadil positif covid. Aku sedih, khawatir dan bingung. 

"Semangat untuk Nana dan Hadil yang positif" tiba-tiba WA dari MAs Andri masuk ke WA Grup Keluarga. Aku langsung WA ke MAs Andri, aku bilang dan tanya, nanti kalau Bapak tau gimana? Bapak pasti kaget, khawatir dan sedih. Kayaknya mending dihapus saja deh mas. Ngga lama kemudian Mas Andri menghapus pesan di WA tsb. 

Ya iyalah, pasti seorang Bapak khawatir, kaget dan sedih mendengar anaknya positif. KEnapa Bapak tidak boleh diberi tahu? Karena Bapak sakit jantung, bapak dalam sedang pengobatan dan sedang menunggu antrian untuk operasi jantung. Kami khawatir klo bapak tahu, kondisi bapak semakin drop. 

Aku hanya bisa menyemangati Mbak dan tetap WA  dan VC, menanyakan gimana dengan anak2, udah makan belum, punya makanan ngga dsb. Dan aku menangis! RAsa-rasanya ini kali kedua aku menangis karena Mbak. Menangis karena sedih. (Kalau dulu jaman kecil sih sering banget! Entah aku ditakut2i, atau berkelahi dengan Mbak). 

Sisterhood...

Kamu ngga akan pernah mengerti arti yang sesungguhnya, sampai kamu benar-benar merasa sedih atau terluka dengan keadaannya. 

Tidak ada komentar: