SeLamat datangg...


welcome...Sugeng rawuh...verwelkomen..benvenuto...gratus...willkommen...hougei...bem-vindo...

Senin, 18 Oktober 2021

Refleksi PD 2

Hari Sabtu, 16 Oktober 2021, ada PD ke 2 yang dilaksakan di gedung Secondary. 
Materi yang kedua adalah tentang Refleksi Quarter 1 yang dibawakan oleh Ibu Capri. 

Ada 1 pertanyaan refleksi yang harus kami jawab, yaitu tentang perubahan yang terjadi setelah 3 bulan ini? Tentunya ada banyak sekali perubahan dalam 3 bulan ini. Tahun ini adalah tahun pertama kami menggunakan Pearson, tahun pertama sebagai sekolah SPK, dan tahun ini, masih pembelajaran online. 

Jadi, apa perubahan dalam 3 bulan ini? 

Tahun ini, penggunaan buku cetak lebih flexible karena sudah ada e-book yang bisa saya buka setiap saat. Tahun ini, saya juga memaksakan diri untuk belajar dan menggunakan aplikasi-aplikasi permainan yang menarik supaya anak-anak tidak bosan. Tahun ajaran sebelumnya (juga sudah online), alur dari kegiatan belajar hampir selalu sama. Kami menggunakan buku yang sama dengan tahun sebelumnya. Buku harus ada saat saya mengajar, karena memang tidak ada e-book. Aplikasi yang saya gunakan juga seadanya, bahkan jarang menggunakan aplikasi-aplikasi permainan dsb. 

Selain itu, 3 bulan ini kami juga sudah terbiasa dengan 10 menit reading time. Untuk bahan bacaan di kelas 1, saya merasa sangat terbantu dengan adanya ActiveLearn. Setiap reading time saya selalu menggunakan cerita-cerita yang ada di platform tersebut. Platform tersebut sangat membantu karena kita bisa memilih bacaan untuk tiap level. Untuk kelas 1, masih full of pictures yang sangat menarik, kata-kata simple dan ada beberapa soal yang berhubungan dengan bacaan tersebut. Tahun sebelumnya (saat sudah online), kami tidak ada reading time, jadi ketika pelajaran 1, langsung masuk ke materi. Tetapi, saat sebelum online, kami juga ada reading time. 

Tahun ini, kami juga dituntut untuk lebih bisa beradaptasi dengan banyaknya perubahan yang ada. Mulai dari jam kerja sampai dengan acara kesiswaan. Kami seperti menjadi EO, sampai sempat terpikir, "Kenapa sekolah tidak hire orang untuk menjadi EO saja, lalu para guru jadi pelaksananya?" Karena sekarang ini menyiapkan suatu kegiatan benar-benar membutuhkan proses yang panjang, harus benar-benar mendetail dan kadang menguras emosi. Tapi seiring berjalannya waktu selama 3 bulan ini, rasanya kami bisa menyesuaikan diri, kami bisa beradaptasi. Dan semoga kami bisa survive :) :)
Kami, eh saya jadi lebih menyadari bahwa kerjasama tim itu sangat penting. Dan, tidak ada salahnya memberi masukan kepada teman. 

Tahun ini kami juga dituntun untuk bisa lebih mandiri dan kreatif. Ada banyak hal yang bisa kami pelajari. Dulu, kalau tidak tahu atau tidak bisa, saya bisa bertanya ke teman terlebih dahulu, kalau sama-sama tidak bisa, kami googling. Kalau sekarang, saya tahu dan sadar bahwa semua temna-teman juga sibuk, jadi saya memaksakan diri saya sendiri untuk belajar/mencari informasi secara mandiri. Tahun ini saya juga belajar cara membagi dan manage waktu dengan lebih baik, ya walaupun rasanya saya belum bisa membagi waktu dengan baik sih. 

Tahun ini, saya sudah terbiasa dengan adanya morning briefing yang dilaksakan setiap jam 7 dan diikuti oleh semua guru dan karyawan. Saya rasa morning briefing ini membantu saya untuk lebih mengenal satu sama lain dan juga mengetahui informasi-informasi yang ada di sekolah. Setiap siang juga diadakan closing briefing. Closing briefing ini juga sangat membantu saya mengupdate tugas-tugas/kegiatan sekolah yang ada. Awalnya, saya tidak begitu suka dengan adanya morning briefing ini, karena setiap pagi rasanya tergesa-gesa harus segera join zoom dan setiap sore seringnya pulangnya tidak on time. Tapi seiring berjalannya waktu dan proses selama 3 bulan ini, rasanya tidak ada masalah dengan adanya morning briefing dan closing briefing karena dua kegiatan tersebut sangat membantu saya untuk update informasi sekolah. 


Tidak ada komentar: